Cara Membuat Akun Google Developers ( Godev ) PlayStore Gratis

Cara Buat Akun Godev
kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun google developer dengan sangat mudah. Seperti yang kita semua tahu google play adalah sumber dari apps dan game android. Disana terdapat bermacam-macam aplikasi dan game dengan platform android dan jumlahnya banyak sekali.

Dibalik apps dan game android yang ada di google play store ternyata banyak developer-developer baik perusahaan ataupun perorangan. Ya mereka adalah developer dari Android apps. 

Sebenarnya yang populer ada 2 platform developer app dan game, yaitu iOS dan Android, iOS milik dari Apple Inc dan Android milik dari Google Inc.

Di Indonesia sendiri platform android memiliki tingkat popularitas melebihi iOS. Beberapa faktor yang membuat Android melebihi iOS mungkin adalah perangkat android yang begitu merajalela di pasaran Indonesia, beberapa produk yang biasa kita temui adalah produk dari smartphone, tablet dan jam tangan dengan platform android. 

Hal ini dikarenakan harga perangkat berbasis android lebih terjangkau dan sudah akrab didengar oleh khalayak.
Diagram Developers

Diagram diatas adalah pertumbuhan number of apps dari app store dari data yang ditampilkan dengan diagram antara tahun 2010 sampai dengan 2020.

Diagram diatas menggambarkan pertumbuhan aplikasi dengan 3 platform yang berbeda yaitu iOS, Android, dan Amazon.Untuk amazon mungkin kurang begitu dikenal di Indonesia.

Balik lagi antara iOS dan Android, walaupun iOS selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya akan tetapi pada tahun 2020 nanti Android berhasil mengungguli iOS dengan selisih yang siknifikan.

Dengan data yang seperti di tunjukkan diatas menunjukkan perangkat android dan developer mengalami kenaikan.

Hal ini menjadi sebuah peluang bagi developer Indonesia yang dimana banyak developer Indie yang kreatif. Akan tetapi semakin ketat pula persaingannya.

Oleh sebab itu disini admin akan menuliskan tentang sebuah artikel tentang cara untuk membuat akun Godev ( google Developer ) google play dengan mudah.

Ada tiga poin yang ingin admin tulis dibawah ini. 

  1. Tata Cara Membuat Akun Godev ( Google Developers )
  2. Keuntungan Menjadi Publisher secara umum.
  3. Monetisasi Apps Android.
Yang pertama persiapan,
Hal-hal yang harus anda siapkan untuk membuat akun developer google play adalah:
  1. Mempunyai akun email google aktif.
  2. Mempunyai kartu kredit dengan dana diatas 25 dollar,seperti yang kita tahu untuk menjadi developer google play tidaklah gratis seperti google adsense (tetapi kalau dipikir-pikir lebih susah daftar publisher adsense non hosted dari pada developer googleplay).
Untuk persiapan yang kedua jika kita tidak punya kartu kredit, kita bisa melakukan langkah alternatif dengan membeli vcc (virtual kredit card) untuk mendaftar di developer google play. admin sendiri membeli vcc dari situs vccmurah.com admin sudah beberapa kali membeli ballance paypal dan vcc di situs tersebut karena pelayanan dan respon yang admin terima cukup memuaskan.

Jika sudah mempersiapkan dua hal diatas tadi, selanjutnya.

Cara Daftar Akun Godev

Masuk ke url https://play.google.com/apps/publish/signup/

Halaman Utama Godev

Sebelum melanjutkan ke halaman selanjutnya lebih baik anda baca dahulu dengan seksama persyaratan distribusi Pengembang Google play.

Jangan diremehin lho..!! aturan yang dibuat oleh google, banyak kasus dari publiser adsense yang mengalami banned dikarenakan melanggar TOS dari google secara tidak sadar, dikarenakan meremehkan hal tersebut.

Check box pernyataan admin setuju dan bersedia mengaitkan pendaftaran akun admin dengan perjanjian distribusi Pengembang google play.Dengan melakukan check box berarti anda sudah memahami segala persyaratan yang harus dipatuh oleh developer dari google play.
CheckBox Pembayaran Godev

Selanjutnya klik lanjutkan ke pembayaran.

form identitas dan pembayaran

Isi form identitas anda dengan benar. Kurang lebih seperti contoh yang diatas.

Isikan nomor CC dan security serta expired date dengan benar.

Klik accept dan continue.

Selanjutnya anda akan diminta menunggu email dari google payment,seperti ini contoh email dari google payment yang akan anda terima di kotak masuk dari email anda.
Email Payment dari Google
Dan anda pun bisa mengakses akun developer googleplay yang telah anda aktifkan.

Seperti gambar dibawah ini, halaman utama developer google play yang kelak akan anda temui.
Dashboard Google Developers

Lalu, Apa Keuntungan Menjadi Developers?

mungkin ada beberapa keuntungan secara umum yang bisa admin sebutkan.
  1. Dengan memiliki akun developer googleplay berarti kita mempunyai kesempatan untuk melakukan upload aplikasi ataupun game di googleplay store.
  2. Kita dapat melakukan monetisasi dari aplikasi yang sudah kita buat dengan google admob, menjual produk melalui aplikasi seperti toko online ataupun dengan aplikasi berbayar.
  3. Aplikasi yang kita kreasikan bisa diunduh oleh pengguna smartphone dengan mudah karena sudah terdaftar di googleplay store.

Memonetisasi Apps Android

Dengan menjadi publisher. Jika aplikasi anda merupakan aplikasi gratis peluang anda untuk melakukan monetisasi ada 2 cara, pertama menjadi publisher ,kedua meminta secara sukarela untuk donasi aplikasi yang anda kembangkan kepada user,walaupun dalam kasus ini jarang terjadi tetapi dulu admin pernah menjumpai aplikasi yang meminta donasi untuk pengembangan aplikasi tersebut.

Disini secara khusus akan admin bahas mengenai menjadi publisher dari aplikasi. Menjadi publisher/pengiklan, berarti memberikan ruang pada aplikasi kita untuk digunakan menampilan iklan.

Ada beberapa situs yang menawarkan peluang untuk menjadi publisher di android apps.

Tetapi google admob menjadi yang paling populer sejak diakuisisi oleh google. Untuk menjadi publisher google admob tidak membutuhkan biaya selayaknya mendaftar menjadi developer google play. Full gratis. baca artikel sebelumnya bagai mana cara daftar admob.

Tentunya seorang publisher pendapatannya tergantung dari jumlah unduhan dan klik iklan pada aplikasi yang telah diterbitkan di googleplay.

Dalam google admob ada beberapa jenis iklan yang biasanya kita temui.

  1. Banner yang terdapat dibawah ataupun diatas bagian layar smartphone saat anda mengakses aplikasi. Jika user melakukan klik pada iklan, inilah value yang akan didapat oleh publisher. Biasanya klik iklan tersebut akan membawa ke halaman dari iklan yang ditampilkan.
  2. Iklan yang tampil satu halaman penuh.
  3. Iklan yang berbentuk dalam sebuah video.
Untuk pendaftaran di google admob anda bisa menelusuri link ini https://apps.admob.com/admob/signup?hl=en

Dan jika anda mempunyai sebuah akun dari google adsense anda bisa menautkan akun admob anda dengan akun dari adsense. Untuk mempermudah monitoring earning dari monetisasi apps anda.

2. Dengan mengupload aplikasi berbayar.

Pada kasus ini kita bisa menemukan beberapa aplikasi berbayar jika kita ingin untuk mengunduh serta mengaksesnya.Tidak hanya perangkat digital berbentuk aplikasi tetapi perangkat digital berbentuk ebook pun bisa dijual melalui google play. Jika anda mempunyai disiplin ilmu tentang sesuatu yang banyak diminati masyarakat mungkin bisa di coba untuk membuat ebook.

Cara monetisasi seperti ini layaknya kita didunia offline, kita menawarkan barang dan barang itu dibeli orang lain dengan harga yang kita tentukan.

Saat ini user tidak harus untuk mempunyai kartu kredit atau paypal untuk membeli aplikasi berbayar yang dibutuhkan oleh user, user dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan pulsa smartphone.
Karena kemudahan transaksi seperti ini maka peluang untuk melakukan monetisasi pun akan semakkin besar bagi seorang publisher.

Ada juga aplikasi gratis yang bisa kita unduh di googleplay, tetapi pada saat upgrade item, misalkan menambah armor atau membeli GEM pada COC kita dituntut untuk melakukan pembayaran, ini biasanya disebut in-app billing.

Mungkin teknik monetisasi dengan in app-billing lebih powerfull. Soalnya calon prospek sudah menjadi member dan kapanpun bisa melakukan transaksi sesuai kebutuhan.

Semua transaksi yang terjadi pada pembelian aplikasi ataupun upgrade item yang dilakukan oleh user semuanya di handle oleh google, jadi user dan publisher mendapatkan fasilitas proteksi yang tinggi. Jadi tidak usah khawatir tentang tipu menipu.

3. Menjual produk yang terdaftar atau disebutkan di aplikasi.

Ada beberapa aplikasi android yang dihubungkan dengan e-commerce semacam toko online. beberapa contohnya aplikasi lazada, tokopedia app, bukalapak app
.
Atau yang lain misalnya menjual jasa, restoran delivery, GOJEK app, agen tiket pesawat dan lain-lain.

Intinya, android app digunakan sebagai penghubung kepada konsumen untuk melakukan pemesanan/transaksi pada suatu jasa/produk yang disediakan oleh vendor dari app tersebut, dengan tujuan mempermudah konsumen.

Penutup

Untuk anda yang ingin menyalurkan minat membuat aplikasi android, dan sudah produktif serta kreatif tidak ada salahnya untuk mendaftar sebagai developer google play. Mungkin sekali hobi anda tentang coding bisa menghasilkan penghasilan yang baik lewat aplikasi anda, dengan cara diatas tadi yaitu mendaftar google developer dan memonetisasi aplikasi anda dengan cara menjadi publisher admob, menjual jasa/produk ataupun menjual aplikasi.
Kris D Ego tak mampu membuat kita terlihat hebat. Tutupi kehebatan jika memang tak berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel