Cara Mudah Menghindari Layar Laptop Dari Kerusakan

Cara Mudah Menghindari Layar Laptop Dari Kerusakan
Cara Mudah Menghindari Layar Laptop Dari Kerusakan - Layar LCD laptop adalah salah satu bagian terpenting dari laptop. Bayangkan saja apabila layar LCD laptop rusak, maka bisa dipastikan laptop tidak bisa digunakan bukan ? Diperlukan perlakuan khusus dalam merawat layar laptop agar tidak cepat rusak, kotor dan bergaris. Untuk itulah ProSeluler akan memberikan kepada Anda sedikit tips dalam merawat dan membersihkan layar laptop.

1. Jangan Membuka Layar Laptop dengan Mengangkat dari Tepi Layar.
Jangan Membuka Layar Laptop dengan Mengangkat dari Tepi Layar
Jangan Membuka Layar Laptop dengan Mengangkat dari Tepi Layar

Ini adalah kesalahan yang paling sering kami temui dari pemilik laptop, yaitu membuka layar dari bagian tepi. Padahal tindakan ini sangat beresiko merusak layar. Kenapa ? Seperti yang yang kita tahu bahwa layar laptop adalah benda yang sangat ringkih, maka dengan membuka layar dari bagian tepi akan mengakibatkan layar menjadi mudah melengkung. Disamping itu engsel laptop juga akan mudah rusak.

Untuk menanggulangi hal ini, bukalah layar laptop dari bagian tengah (lihat gambar di atas). Gunakan kedua tangan untuk membuka. Dengan tindakan ini maka beban engsel laptop juga akan terdistribusi dengan baik dan layar juga tidak akan mudah rusak.
Baca juga: Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman C++ Lengkap

2. Bersihkan Layar Laptop dengan Kain Mikrofiber atau Blush On
Bersihkan Layar Laptop dengan Kain Mikrofiber atau Blush On
Bersihkan Layar Laptop dengan Kain Mikrofiber atau Blush On

Kain mikrofiber bisa didapat dengan mudah dengan membeli di toko elektronik, harganya juga cukup murah sekitar tiga puluh ribuan. Jangan sekali-kali membersihkan layar laptop dengan sembarang kain apalagi kain yang bertekstur kasar. Permukaan layar laptop sangat lembut dan mudah sekali tergores. Penggunaan kain yang tepat akan membuat layar tetap dalam keadaan mulus dan bersih.

Penggunaan kain mikrofiber juga cukup mudah. Pastikan laptop dalam keadaan mati, lalu basahi kain mikrofiber dengan sedikit air saja (jangan menggunakan alkohol atau cairan pembersih kaca karena hal ini sangat berbahaya). Usapkan kain tersebut di atas layar yang kotor, usap dengan satu arah secara lembut.

Jika Anda tidak memiliki kain mikrofiber maka Anda bisa menggunakan kuas blush on untuk membersihkan layar laptop dari debu yang menempel. Membersihkan layar dengan kuas blush on adalah pilihan yang sangat bijak. Ujung kuas blush on yang lembut bisa digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Hindari menggunakan kuas yang berujung kasar seperti sikat gigi atau kuas biasa karena benda tersebut bisa membuat layar laptop tergores.
Baca juga: Cara Mengatasi Tombol Keyboard Yang Tidak Berfungsi

3. Jangan Menaruh Benda Berat di atas Laptop
Menaruh Benda Berat diatas Laptop
Menaruh Benda Berat di atas Laptop

Meletakkan benda berat diatas laptop bisa membuat layar laptop berubah bentuk dan yang paling parah layar bisa retak. Layar laptop yang rusak, bergaris dan blank putih biasanya dikarenakan kecerobohan pemilik dengan sembarangan meletakan buku atau benda lainnya diatas laptop.


Kris D Ego tak mampu membuat kita terlihat hebat. Tutupi kehebatan jika memang tak berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel